Sekarang sudah banyak, yang mempunyai kulkas
satu pintu,yang merupakan lemari pendingin yang cara kerjanya sangat sederhana
di bandingkan dengan lemari pendingin yang lain.Lemari pendingin satu pintu
tidak dilengkapi alat bantusirkulasiudara,contohnya fan dan defost yang
berpungsi menghilangkan frost secara otomatis,kebanyakan yang terjadi kerusakan
pada lemari pendingin satu pintu dari system refrigran.
Disini ada beberapa penyebab lemari
pendingin satu pintu,tidak beku (Tidak Dingin)
a.
Tejadi kebocoran tertusuknya oleh benda tajam’sehinga system refrigran
sebagai media perpindahan panas dari dalam lemari pendingin yang di buang ke
body lemari pendingin.
b.
Terjadi kerusakan pada mesin kompresor,yang mengakibatka berhetinya sistem refrigran tidak bekerja (Tidak
Dingin)tergantung sberapa parah
kerusakan kompresor tersebut.
c.
Terjadi buntunya jalur pada sistem refrigran yang mengakibatkan tidak
lancarnya proses sirkulasi pendinginan,itu disebabkan tersumbatnya pipa kapiler
sebab diameter lubang pipa nya sangat kecil.
d.
Penyebab rusaknya dari aliran listrik,yang meliputi dari keseluruhan komponen listrik seperti,thermostat,PTCdan
overload,semua komponen-komponen tersebut,memiliki fungsi masing-masing’yang sangat
penting,dari semua komponen apa bila salah satu ada yang rusak,akan
mengakibatkan lemari pendingin tidak
beku(Tidak Dingin).
e.
Kurang rapatnya pintu lemri pendingin,biasanya itu di sebabkan karet lemari
pendingin sudah tidak rata atau sobek yang menimbulkan keluarnya udara dingin
yang ada di dalam lemari pendingin bertukar dengan udara di luar sehingga
menimbulkan tenperatur rendah,lama untuk mendingin kan makanan dan minuman.
Cara mengganti kompresor Lemari
Pendingin
Apabila tidak mengetahui besar kapasitas
compressor yang di sebut PK,untuk lemari pendingin satu pintu yang akan anda ganti,sebaiknya
anda mencatat kode/type lemari pendingin tersebut,kemudian and tanyakan kepada
yang menyediakan alat-alat lemari pendingin
untuk mrek lemari tersebut.
Apabila mesin compressor yang
anda gati,kebesaran atau kekecilan akan menimbulkan kinerjanya lemari
pendingin tersebut tidak maksimal.
Anda harus mengetahui cara pengisian Freon pada
lemari pendingin,tidak segampang mengisi Freon pada ac split.
Karna lemari pendingin menggunakan pipa kapiler
yang berbeda dengan pipa kapiler yang di gunakan pada ac split dan ac window.
Lemari pendingin menggunakan pioa yang ber
ukuran kecil yang menimbulkan rentan terhadap kebuntuan aliran Freon,apabila
ada kotoran yang terbawa di saat Freon mengalir.
Ganti saja pipa kapiler dengan yang baru,apa
bila anda menggati compressor yang rusak
pipa kapilernya harus diganti karna terhisapnya
kotoran yang masuk ke pipa kapiler.
Alat- alat yang di butuhkan untuk menggati compressor lemari
pendingin adalah:
a. alat-alat pengelasan yaitu Winn Gas.
b. manifold.
c. Freon R12 atau Freon R 134 untuk sekarang ini
R12 sudah jarang digunakan.
d. Pentil pengisian Freon.
e. Kawat/perak las tembaga.
f. Cutter/pemotong pipa.
g. Flare-nut/flereng.
h. Tools/kunci perkakas.
Ada dua macam compressor lemari pendingin yaitu:
a. Compressor piston.
b. Compressor rotary.
Kompresor piston banyak di pakai pada lemeri
pendingin satu pintu dan dua pintu,lemari pendingin dua pintu ada juga yang
memakai jenis compressor rotary.
Untuk masalah kwalitas compressor jenis
pistonlah yang paling handal.
Cara melepaskan compressor yang rusak
yaitu,panaskan sambungan pipa hisap dan pia tekan ,pake alat pengelasan.Sebelum
anda melakukan pengelasan pastikan Freon yang ada di dalam pipa terbuang,dengan
cara memotong pipa yang panjangnya
sekitar 10 cm pipa tersebut untuk pengisian Freon.sesudah compressor di
lepas,lalu pasang dengan compressor yang baru sebelum di las di coba dlu kar na
kalau sudah di las compressor mengalami kerusakan biasanya toko menolak untuk di tukar.
Sesudah di cek compressor berjalan normal tinggal di las pipa hisap dan
pipa tekan,setalah pengelasan selesai berali ke pengelasan pentil untuk pengisian Freon.
Disaat melakukan pengelasa pentil,buka pentil
agar seal/karet tiak meleleh terkena hantaran panas,setelah selesai pengelasan
dinginkan dulu sebentar setelah panas nya berkurang pentil pasang kembali.
Sekarang kita beralih ke pemasangan
strainer,lubang untuk pengeluaran ada dua lubang untuk pipa kapiler dan yang
satu lubang buat vakum,setelah pipa kapiker terpasang dengan dilas,pipa untuk
vakum ujungnya biarka terbuka jangan dilas.
Cara vakum lemari pendingin dengan mesin vakum sampai menunjukan angka 30”kalau belum punya mesin vakum bisa juga dri lubang strainer.
Cara vakum lemari pendingin dengan mesin vakum sampai menunjukan angka 30”kalau belum punya mesin vakum bisa juga dri lubang strainer.
Setelah selesai di vakum jarum pada manifold
tidak naik ke atas,itu menujukantidak ada kebocoran dari pipa yang di las.
Setelah semuanya dicek tidak ad kebocoran,lalu
las ujung piva dari strainer setelah di las,buka keran pengisian secara perlaha
–lahan sampai jarum menujukan angka 20 psiagar compressor tidak cepat panas
chek juga pake tang ampere pake tang ampere,sambil di raba body lemari
pendingin kalau terasa hangat-hangat kuku berarti lemari pendingin berjalan
normal,lalu stop keran pengisian buka sambungan
pentil kemudian dilas kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar