Jumat, 14 Oktober 2016

Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin

Sekarang sudah banyak, yang mempunyai kulkas satu pintu,yang merupakan lemari pendingin yang cara kerjanya sangat sederhana di bandingkan dengan lemari pendingin yang lain.Lemari pendingin satu pintu tidak dilengkapi alat bantusirkulasiudara,contohnya fan dan defost yang berpungsi menghilangkan frost secara otomatis,kebanyakan yang terjadi kerusakan pada lemari pendingin satu pintu dari system refrigran.
Disini ada beberapa penyebab lemari pendingin  satu pintu,tidak beku (Tidak Dingin)
a.    Tejadi kebocoran tertusuknya oleh benda tajam’sehinga system refrigran sebagai media perpindahan panas dari dalam lemari pendingin yang di buang ke body lemari pendingin.
b.    Terjadi kerusakan pada mesin kompresor,yang mengakibatka berhetinya  sistem refrigran tidak bekerja (Tidak Dingin)tergantung sberapa  parah kerusakan kompresor tersebut.
c.    Terjadi buntunya jalur pada sistem refrigran yang mengakibatkan tidak lancarnya proses sirkulasi pendinginan,itu disebabkan tersumbatnya pipa kapiler sebab diameter lubang pipa nya sangat kecil.
d.    Penyebab rusaknya dari aliran listrik,yang meliputi dari keseluruhan  komponen listrik seperti,thermostat,PTCdan overload,semua komponen-komponen tersebut,memiliki fungsi masing-masing’yang sangat penting,dari semua komponen apa bila salah satu ada yang rusak,akan mengakibatkan lemari pendingin  tidak beku(Tidak Dingin).
e.    Kurang rapatnya pintu lemri pendingin,biasanya itu di sebabkan karet lemari pendingin sudah tidak rata atau sobek yang menimbulkan keluarnya udara dingin yang ada di dalam lemari pendingin bertukar dengan udara di luar sehingga menimbulkan tenperatur rendah,lama untuk mendingin kan makanan dan minuman.
Cara mengganti kompresor  Lemari Pendingin
Apabila tidak mengetahui besar kapasitas compressor yang di sebut PK,untuk lemari pendingin  satu pintu yang akan anda ganti,sebaiknya anda mencatat kode/type lemari pendingin tersebut,kemudian and tanyakan kepada yang menyediakan alat-alat lemari pendingin  untuk mrek lemari tersebut.
Apabila mesin compressor  yang  anda gati,kebesaran atau kekecilan akan menimbulkan kinerjanya lemari pendingin tersebut tidak maksimal.
Anda harus mengetahui cara pengisian Freon pada lemari pendingin,tidak segampang mengisi Freon pada ac split.
Karna lemari pendingin menggunakan pipa kapiler yang berbeda dengan pipa kapiler yang di gunakan pada ac split dan ac window.
Lemari pendingin menggunakan pioa yang ber ukuran kecil yang menimbulkan rentan terhadap kebuntuan aliran Freon,apabila ada kotoran yang terbawa di saat Freon mengalir.
Ganti saja pipa kapiler dengan yang baru,apa bila anda menggati  compressor yang rusak pipa kapilernya harus diganti karna terhisapnya  kotoran yang masuk ke pipa kapiler.
Alat- alat yang di butuhkan  untuk menggati compressor lemari pendingin  adalah:
a.     alat-alat pengelasan yaitu Winn Gas.
b.    manifold.
c.     Freon R12 atau Freon R 134 untuk sekarang ini R12 sudah jarang digunakan.
d.    Pentil pengisian Freon.
e.    Kawat/perak las tembaga.
f.     Cutter/pemotong pipa.
g.    Flare-nut/flereng.
h.    Tools/kunci perkakas.
Ada dua macam compressor lemari pendingin yaitu:
a.     Compressor piston.
b.    Compressor rotary.
Kompresor piston banyak di pakai pada lemeri pendingin satu pintu dan dua pintu,lemari pendingin dua pintu ada juga yang memakai jenis compressor rotary.
Untuk masalah kwalitas compressor jenis pistonlah yang paling handal.
Cara melepaskan compressor yang rusak yaitu,panaskan sambungan pipa hisap dan pia tekan ,pake alat pengelasan.Sebelum anda melakukan pengelasan pastikan Freon yang ada di dalam pipa terbuang,dengan cara memotong pipa  yang panjangnya sekitar 10 cm pipa tersebut untuk pengisian Freon.sesudah compressor di lepas,lalu pasang dengan compressor yang baru sebelum di las di coba dlu kar na kalau sudah di las compressor mengalami kerusakan biasanya toko  menolak untuk di tukar.
Sesudah di cek compressor  berjalan normal tinggal di las pipa hisap dan pipa tekan,setalah pengelasan selesai berali ke pengelasan pentil  untuk pengisian Freon.
Disaat melakukan pengelasa pentil,buka pentil agar seal/karet tiak meleleh terkena hantaran panas,setelah selesai pengelasan dinginkan dulu sebentar setelah panas nya berkurang pentil pasang kembali.
Sekarang kita beralih ke pemasangan strainer,lubang untuk pengeluaran ada dua lubang untuk pipa kapiler dan yang satu lubang buat vakum,setelah pipa kapiker terpasang dengan dilas,pipa untuk vakum ujungnya biarka terbuka jangan dilas.
Cara vakum lemari pendingin dengan mesin vakum  sampai menunjukan angka 30”kalau belum punya mesin vakum bisa juga dri lubang strainer.
Setelah selesai di vakum jarum pada manifold tidak naik ke atas,itu menujukantidak ada kebocoran dari pipa yang di las.

Setelah semuanya dicek tidak ad kebocoran,lalu las ujung piva dari strainer setelah di las,buka keran pengisian secara perlaha –lahan sampai jarum menujukan angka 20 psiagar compressor tidak cepat panas chek juga pake tang ampere pake tang ampere,sambil di raba body lemari pendingin kalau terasa hangat-hangat kuku berarti lemari pendingin berjalan normal,lalu stop keran pengisian  buka sambungan pentil kemudian dilas kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar